view telaga warna dari bukit sidengkeng

Bukit Sidengkeng Petak 9, Tempat Favorit Memandang Indahnya Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari Ketinggian

Nama Bukit Sidengkeng Dieng cukup dikenal oleh banyak traveller sebagai tempat strategis dan favorit untuk melihat pemandangan Dataran Tinggi Dieng dari ketinggian. Kawasan wisata Bukit Sidengkeng juga dikenal dengan nama Wana Wisata petak 9. Nama Petak 9 diberikan oleh Dinas Perhutani Jawa Tengah yang memang memberikan nama “petak” untuk setiap objek wisata Dieng. Seperti halnya Petak 8 untuk Gunung Prau dan Petak 10 untuk Bukit Sikunir.

Bukit Sidengkeng Petak 9 termasuk dalam kawasan konservasi Taman Wisata Alam Telaga Warna Dieng yang terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk mencapainya Anda tidak perlu bersusah payah karena medan treknya cukup ringan. Jalur Akses untuk mencapainya juga sangat mudah karena dekat dengan tempat parkir kendaraan. Jarak dari gerbang Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng ke puncak hanya sekitar 200 meter atau sekitar 15 menit perjalanan dengan mendaki. Tidak akan terlalu menguras tenaga. Lagipula jika Anda kelelahan silakan bersantai di rumah pohon yang terdapat di atas bukit sambil menikmati alam.

Gaung tentang keindahan Bukit Sidengkeng Petak 9 mulai terdengar di mana-mana yang membuat objek wisata Dieng ini banyak pengunjung. Bagaimana tidak? Dari Bukit Sidengkeng Anda bisa menyaksikan indahnya anskap Dataran Tinggi Dieng yang dikelilingi perbukitan hijau dan gunung-gunung yang tinggi menjulang berhias kabut tipis. Yang lebih mempesona lagi, dari atas Bukit Sidengkeng Petak 9 ini Anda akan terpukau oleh eloknya Telaga Warna dengan gradasi warnanya yang unik bersandingan dengan Telaga Pengilon yang bening seperti cermin. Kedua telaga ini semakin indah dengan latar belakang perbukitan hijau dan gunung-gunung tinggi menjulang, seperti Gunung Sindoro Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu dalam selimut kamut Dataran Tinggi Dieng. Apalagi saat fajar datang, semburat jingga sunrise gunung Dieng akan berpadu menghasilkan pemndangan mempesona. View yang sangat diburu para penikmat alam dan pecinta fotografi.

Jika Anda yang ingin berlam-lama menikmati alam Dataran Tinggi Dieng, Anda bisa camping di atas bukit. Di Bukit Sidengkeng Petak 9 telah tersedia camping ground yang luas dan aman untuk Anda. Malahan luasnya bisa menampung 100 buah tenda. Saat camping, di malam harinya Anda akan suasana syahdu Dataran Tinggi Dieng yang berselimut kabut. Jika Anda merasa kedinginan Anda bisa membat api unggun agar hangat.

Bagi anda yang belum pernah camping di Bukit Sidengkeng sebelumnya dan masih merasa khawatir, Anda menyewa guide penduduk setempat. Guide Bukit Sidengkeng adalah guide yang profesional dan terkenal ramah. Guide akan memandu dan menemani malam Anda dengan ide-ide permainan yang menarik untuk menghalau rasa dingin.

Keindahan Bukit Sidengkeng Petak 9 telah dimulai dari gerbang Wana Wisata Petak 9 yang berbentuk candi yang di kiri kanannya dipenuhi bunga terompet. Setelah itu Anda akan menemui jalan setapak yang di kelilingi pohon akasia decuren dan aneka jenis tanaman bunga. Jalan menuju ke puncak Bukit Sidengkeng lebih seperti taman. Sebagai bagain dari kawasan konservasi Taman Wisata Alam Telaga Warna, di Bukit Sidengkeng terdapat berbagai tanaman endemik yang sedang dikembangkan untuk sarana belajar dan penelitian. Penembangan dan pengumpulan dilakukan agar flora endemik Dataran Tinggi Dieng tidak punah. Makanya di Bukit Sidengkeng banyak pohon dan aneka tanaman bunga yang unik dan pastinya belum pernah Anda lihat di tempat lain di luar Dataran Tinggi Dieng. Jadi, tunggu apalagi. Ayo ajak teman, pasangan, keluarga, atau kolega ke Bukit Sidengkeng Petak 9.