Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir Dieng

Mengejar Golden Sunrise Bukit Sikunir di Langit Fajar Dieng

Anda ingin menikmati pemandangan alam dan berburu sunrise? Datang saja ke Bukit Sikunir Dieng. Dari puncak Bukit Sikunir Dieng Anda bisa menyaksikan penampakan sunrise yang katanya merupakan sunrise terbaik se-Asia Tenggara. Sunrise Bukit Sikunir ini di juluki “Golden Sunrise”. Semburat jingga keemasan berselimut kabut tipis di langit fajar inilah yang membuat sunrise Bukit Sikunir layak diberi julukan “Golden Sunrise”. Keindahan Golden Sunrisenya inilah yang menggoda wisatawan untuk beramai-ramai mengunjungi Bukit Sikunir. Sungguh Mahakarya indah Sang Pencipta yang patut kita syukuri dan pastinya segala penat diperjalanan akan terbayar karenanya. Jadi, rugi sekali jika Anda sampai melewatkan untuk berburu Golden Sunrise Bukit Sikunir saat berwisata ke Dieng.

Lokasi Bukit Sikunir Dieng dan Basecamp Sikunir

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, yang konon katanya merupaan desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa Sembungan yang terletak di kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo ini merupakan titik star yang paling terkenal pilihan para wisatawan untuk mencapai Puncak Bukit Sikunir. Untuk berburu Golden Sunrise Bukit Sikunir Anda bisa menginap di penginapan/homestay yang tersedia di sekitar Desa Sembungan. Penginapan di area Bukit Sikunir tergolong murah. Dari penginapan Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit menuju Bukit Sikunir dengan mendaki. Cukup dekat bukan. Waktu terbaik untuk memulai pendakian ke Puncak Bukit Sikunir adalah 03.30 dini hari.

Jika Anda ingin lebih irit, Anda bisa juga camping di Telaga Cebong yang terletak di area Bukit Sikunir sebelum menuju puncak. Camping di Telaga Cebong memang tidak sehangat penginapan Sikunir. Jika Anda tidak tahan dingin sebaiknya jangan camping di Telaga Cebong. Bisa hipotermia. Namun demikian, basecamp di tenda ataupun di homestay di Telaga Cebong dekat Bukit Sikunir pasti menyenangkan. Anda bisa menikmati keindahan riak dan warna biru cerah permukaan Telaga Cebong dihiasi kabut tipis perbukitan Dataran Tinggi Dieng sebelum menyaksikan semburat jingga keemasan Golden Sunrise Sikunir.

Kehangatan Didinginnya Udara Fajar Bukit Sikunir

Melakukan pendakian Bukit Sikunir memang tidak butuh banyak persiapan. Anda hanya perlu memakai pakaian yang cocok untuk udara dingin Dieng, seperti jaket, syal, sarung tangan, kaus kaki, kupluk, atau sarung. Mengingat fenomena Golden Sunrise Bukit Sikunir yang menakjubkan, walaupun dalam cuaca dingin, wisatawan tetap bersemangat berburu detik-detik terbitnya sang mentari ini. Anda akan merasakan kehangatan yang muncul dari semangat dan antusiasme wisatawan menunggu munculnya Golden Sunrise Sikunir bak menunggu sang idola. Wah, kebayangkan nikmatnya kehangatan didinginnya Dieng ditambah senyum ceria sesama wisatawan saat Golden Sunrise muncul?

Memandang Gagahnya Gunung-gunung Dieng di Kejauhan dari Atas Puncak Bukit Sikunir

Tentu bukan hanya Golden Sunrisenya saja yang menarik di Bukit Sikunir. Hal yang menarik dan istimewa lainnya dari Bukit Sikunir adalah Anda bisa melihat beberapa gunung di Jawa Tengah. Jadi, setelah menyaksikan Golden Sunrise di pagi hari, jangan buru-buru turun bukit. Tunggu beberapa saat hingga matahari naik menyinari kawasan Dieng. Saat itu jika cuaca cerah Anda akan bisa melihat beberapa puncak gunung di Jawa Tengah dengan jelas dari Bukit Sikunir. Tiga gunung yang paling jelas terlihat adalah Gunung Slamet, Gunung Pakuwaja, dan Gunung Sindoro Sumbing. Mudah-mudah saat berwisata ke Dieng Anda beruntung bisa melihat gunung lainnya berdiri gagah di kejauhan. Dan jangan lupa untuk mengabadikan pemandang istimewa dari puncak Bukit Sikunir sebagi kenangan yang tak terlupakan.