Curug Sikarim Dieng

Curug Sikarim Dieng

Kesejukan Alami Curug atau Air Terjun Sikarim

Pernah dengar objek wisata Dieng Curug Sikarim atau Air Tejun Sikarim? Nah, Curug atau Air Terjun Sikarim yang masih terletak di area Bukit Sikunir ini disebut-sebut merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa karena letaknya yang di Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa.
Lokasi Curug Sikarim ada di sebelah selatan Desa Sembungan yang berjarak 4 km dari desa. Untuk mencapainya Anda bisa memilih beberapa jalur yang ada. Salah satu yang disarankan adalah Jalur Dieng yang merupakan jalan alternatif ke Dieng dari Wonosobo.

Belum banyak orang yang mengunjungi Curug Sikarim karena susahnya akses ke sana. Oleh karena itulah Curug Sikarim ini masih tergolong alami dan belum terjamah tangan-tangan jahil. Jadi saat ke Curug Sikarim Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alami yang indah dan sejuk. Indahnya kemilau air terjun dengan ketinggian 24 meter ini benar-benar memanjakan mata. Air terjun indah yang dinaungi pohon-pohon rindah nan hijau membuat pengunjung merasakan kedamaian. Pengunjung bisa merasakan segarnya air pegunungan serta eksotisnya batu-batu alam yang ada di sungai kecil penampung kucuran air terjun.

Sebenarnya, susahnya jalur akses menuju Curug Sikarim juga menjadi salah satu kekurangan objek wisata Dieng ini. Jalur Dieng yang paling sering digunakan saja masih kurang aman karena aksesnya masih berupa jalan setapak kecil. Selain itu jalan setapaknya masih dikelilingi semak belukar dan terdapat jurang yang mengerikan. Jadi, jika Anda bermaksud menikmati objek wisata Dieng Curug Sikarim disarankan untuk menggunakan pemandu atau guide agar tidak nyasar. Biasanya guide menuju Curug Sikarim adalah penduduk setempat yang tahu seluk beluk jalur akses ke curug. Guide lokal ini akan mengantarkan Anda dengan aman ke Curug Sikarim hingga kembali ke basecamp. Tidak perlu khawatir, menggunakan jasa guide lokal Dieng biayanya cukup murah dan pastinya melayani Anda secara profesional namun tetap kekeluargaan.