gunung prau dieng

Gagahnya Gunung Prau Dieng

Lokasi Gunung Prau

Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateu) sebagai dataran tinggi berpenghuni tertinggi kedua di dunia memiliki banyak objek wisata yang memukau. Salah satu yang menjadi andalan wisatawan adalah Gunung Prahu atau lebih dikenal dengan Gunung Prau. Gunung yang merupakan gunung tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini meliputi tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kapupaten Wonosono, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal. Kawasan Gunung Prau yang memanjang dari barat ke timur provinsi Jawa Tengah ini menjadi destinasi wajib saat berwisata ke Dieng. Untuk mencapainya tentu saja Anda bisa mendaki melalui jalur-jalur

Keistimewaan Gunung Prau

Puncak Gunung Prau yang berupa padang rumput atau sabana hijau yang memanjang menghadirkan lanskap yang istimewa dan memukau. Anda akan dimanjakan oleh pemandangan hijau dan udara sejuk khas pegunungan. Di Gunung Prau Anda akan menjumpai bukit-bukit kecil hijau yang diberi nama dengan “Bukit Teletubbies”. Keberadaan Bukit Teletubbies yang hijau di Gunung Prau ini menjadi primadona penikmat alam dan pecinta fotografi. Tidak hanya itu, pada waktu-waktu tertentu, yaitu pada musim kemarau, Gunung Prau akan dipenuhi oleh lautan bunga Daisy yang mekar serentak.

Bagi Anda yang berkemping di Kawasan Gunung Prau, pada malam harinya Anda terpesona oleh indahnya langit malamnya jika cuaca sedang cerah dan tidak berkabut. Taburan bintanng atau yang biasa disebut Milky Way yang disaksikan dari puncak Gunung Prau sangat istimewa. Pagi harinya, dari Puncak Gunung Prau-yang merupakan puncak tertinggi di Dataran Tingi Dieng- Anda bisa menikmati keindahan sunrise. Jika beruntung Anda bisa menyaksikan Silver Sunrise Gunung Prau yang fenomenal.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Selain keindahan alamnya, trek Gunung Prau yang tergolong ringan ini juga menjadi alasan kenapa banyak pendaki, termasuk pendaki pemula, yang berminat. Untuk mencapai puncak Gunung Prau ada beberapa jalur yang bisa digunakan. Ada dua jalur pendakian yang cukup populer dikalangan para pendaki, yaitu Jalur Patak Banteng dan Jalur Dieng. kedua jalur ini populer karena waktu tempuhnya yang relatif pendek dengan medan yang cukup ringan. Seperti namanya, pendakian Gunung Prau menggunakan Jalur Patak Banteng memang dimulai dari Desa Patak Banteng. Jalur ini cukup diminati karena jarak tempuhnya lebih pendek, yaitu hanya memakan waktu sekitar 2-3 jam berjalan kaki. Jika Anda merasa lelah dan mempunyai cukup uang, Anda bisa menyewa ojek khusus yang akan mengantarkan Anda hingga pos atau basecamp I. Tarif ojek menuju pos I Gunung Prau dipatok sekitar Rp20.000,-

Jalur kedua yang bisa Anda gunakan adalah Jalur Dieng. Medan Jalur Dieng yang cukup ringan membuat jalur ini juga populer dikalangan pendaki.