telaga cebong dieng

Menyusuri Indahnya Telaga Cebong Sembungan Dieng

Telaga Cebong. Dari namanya saja sudah unik, apalagi panoramanya. Telaga Cebong merupakan salah satu objek wisata Dieng yang berada di area Bukit Sikunir, tepatnya di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kapupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Karena letaknya di Desa Sembungan, maka bisa dibilang Telaga Cebong adalah telaga tertinggi di Pulau Jawa. Para wisatawan yang hendak turun dari Bukit Sikunir akan langsung melihat keindahan Telaga Cebong karena letaknya yang tepat di kaki Bukit Sikunir.

Kemungkinan telaga ini dinamakan Telaga Cebong karena bentuk telaga yang seperti cebong atau kecebong atau berudu. Telaga Cebong terbentuk secara alami dari bekas kawah gunung pada zaman dahulu yang lama-kelamaan terisi air hujan dan terbentuklah telaga. Air telaga ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai pengairan sawah dan ladang.

Untuk menikmati panoramanya, Anda bisa berjalan kaki mengelilingi tepi telaga lalu berselfie ria. Namun, jika Anda ingin lebih meng-eksplore Telaga Cebong, Anda bisa menggunakan perahu motor yang disewakan penduduk setempat. Perahu motor ini akan mengantarkan Anda berkeliling menyusuri telaga sehingga Anda bisa merasakan syahdunya sedang berada di tengah-tengah perbukitan yang hijau, pedesaan yang indah permai, dan pastinya riak telaga serta kecipak ikan yang hidup di Telaga Cebong. Apalagi saat dengan pasangan, benar-benar terasa romantis.

Selain untuk pengairan, kawasan Telaga Cebong ini dijadikan tempat untuk camping. Biasanya yang camping di Telaga Cebong adalah wisatawan yang ingin mendaki Bukit Sikunir pada dini hari untuk melihat Golden Sunrise Sikunir yang eksotis. Camping di sini sangat menyenangkan karena kita bisa menyaksikan indahnya riak telaga di hiasi kabut tipis yang turun dari bukit. Apabila disaksikan dari Bukit Sikunir, permukaan Telaga Cebong terlihat berwarna biru cerah dan mengkilap. Jadi, jika ingin mengabadikannya, Anda bisa memotret Telaga Cebong dari atas Bukit Sikunir.

Sebenarnya, camping di arean Telaga Cebong sangat dingin. Bagi Anda yang tidak tahan dengan dinginnya udara di sekitar telaga atau Anda juga malas repot-repot membawa tenda, Anda bisa menginap di penginapan. Menginap di penginapan/homestay di sekitar Telaga Cebong sebenarnya lebih disarankan mengingat suhu udaranya yang dingin bisa membuat Anda hipotermia. Penginapan/homestay yang letaknya dekat dengan Telaga Cebong adalah Homestay Cahaya, tepatnya di pinggi telaga. Dari Homestay Cahaya Anda bisa menikmati keindahan Telaga Cebong dari dekat dan tanpa hipotermia melalui kaca kaca yang lebar. Dan jangan khawatir, Homestay Cahaya menawarkan harga murah dengan fasilitas terbaik.